Kasih KRISTUS

"KASIH KRISTUS"
(Efesus 3:17-19)
Banyak cerita tentang cinta kasih yang ada di dunia. Namun, kasih Allah itu ”totally different” – sangat berbeda dengan kasih yang ada di dunia ini. Kasih Kristus itu begitu lebar, panjang, dalam dan tinggi. Kasih-Nya kekal (Yeremai 31:3). Rasul Paulus berdoa untuk kita, agar berakar dan berdasar di dalam kasih, serta mengenal kasih itu.
Jika Tuhan mengasihi kita itu karena Ia mau mengasihi kita, Ia memilih untuk mengasihi kita dan Ia memutuskan untuk mengasihi kita. Semua alasan ada pada diri Tuhan, bukan pada manusia. Apa yang kita perlukan untuk mengalami kasih Allah itu ? Tidak ada, Hanya TERIMA saja.
Ucapkan: “Saya percaya Tuhan sangat mengasihi Saya”
Renungan :
Bagaimana karakteristik kasih Tuhan kepada kita?
Ada 3 karakteristik kasih Tuhan, yaitu :
1. CONSTAN - TETAP (I Yohanes 4:13-16)
Constant artinya tetap, dengan terus menerus, tak henti-hentinya. Kasih Tuhan itu kekal untuk seterusnya dan selama-lamanya sedangkan kasih manusia itu sementara, tidak terus menerus, ada masa berhentinya. Kapan kasih manusia berhenti? Yaitu paling lama pada saat ia telah mati.
Allah tidak dapat dipengaruhi untuk tetap mengasihi kita atau tidak mengasihi kita. Kita tidak bisa mempengaruhi Allah dengan tindakan-sekalipun itu tindakan kita yang baik. Allah mengasihi kita karena Ia sudah mengasihi kita, ketika kita masih berdosa, sebelum ada perbuatan baik yang kita dapat lakukan bagi Dia (Roma 5:8). Kita hanya menerima kasih-Nya yang besar.
Apakah buktinya Tuhan itu mengasihi kita?
Ucapkan: “TuhanYesus mengasihi saya dengan kasih yang tetap”
2. PERFECT – SEMPURNA (I Yohanes 4:12)
Perfect artinya sempurna, sepenuhnya, benar-benar, lengkap, utuh, sudah dilakukan. Keadaan yang baik/buruk itu tidak berkaitan dengan kasih Allah. Ada pikiran/pendapat orang : ”jika orang itu kaya, diberkati, sehat, baik-baik saja dan bahagia karena dikasihi Tuhan, tetapi sebaliknya jika orang itu miskin, tidak bahagia dan sakit-sakitan itu karena tidak dikasihi Tuhan”. Pikiran/pendapat ini adalah SALAH.
Jangan pernah mengukur kasih Tuhan dengan keadaan/situasi yang kita alami. Bila kita ingin mengukur kasih Tuhan, kita harus melihat SALIB KRISTUS. Salib adalah bukti Kasih Kristus yang sempurna bagi kita.
Apakah alasan Tuhan mau mengasihi Saudara?
Ucapkan : “Tuhan Yesus mengasihi saya dengan kasih yang sempurna”
3. UNCONDITIONAL – TAK BERSYARAT (I Yohanes 4:19-21)
Unconditional artinya tak bersyarat, mutlak. Sangat berbeda dengan kasih manusia yang bersyarat. Jika ada orang yang memenuhi harapan/keinginan dirinya, maka ia mengasihi orang tersebut; namun jika tidak, sebaliknya yang terjadi yaitu tidak mau mengasihinya.
Bapa sudah demikian mengasihi kita saat kita masih berdosa dengan mengirimkan Yesus ke salib (Roma 8:32). Masalah terbesar untuk hidup manusia sudah diselesaikan oleh Tuhan, apakah lalu Ia melupakan kita? Tentu tidak. (Yeremia 31:34). Tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih-Nya. (Roma 8:37-39). Tuhan sanggup memelihara kita di dalam kasih setia-Nya (Matius 10:29-31).
Apakah ada alasan bagi Tuhan untuk mengasihi kita?
Ucapkan : ”Tuhan Yesus mengasihi saya dengan kasih yang tak bersyarat”
KESIMPULAN :
Kasih Kristus itu melampaui pengetahuan kita, namun juga sangat intim dan tidak pernah berubah. Kasih Kristus itu TETAP, SEMPURNA dan TAK BERSYARAT bagi kita. Kasih-Nya tidak bergantung kepada kita, tetapi karena Yesus Kristus. Salib adalah bukti Kasih Kristus yang sempurna bagi kita. Amen ~

Comments

Popular posts from this blog

Her story must be told

MENJADI SALURAN BERKAT